Minggu, 22 November 2015

Ketahui Darimana Traffic Pengunjung Website Anda Berasal

Traffic source - Sebagai pengelola sebuah website atau blog kita juga harus dituntut untuk mengetahui asal muasal dari sumber traffik website kita berasal.

Karena dengan mengetahui presentase sumber trafik blog, tentu akan lebih memudahkan kita dalam mengelola ataupun menganalisa situs agar nantinya dapat lebih dimaksimalkan lagi apa apa yang kurang didalamnya. Beberapa sumber trafik bisa kita dapatkan melalui sumber sumber dibawah ini.

asal trafik

1.Dirrec Traffic

Dirrec traffic ini bisa didapatkan ketika pengunjung tersebut langsung mengetikkan alamat url blog kita didalam address bar yang mana akan langsung menuju ke halaman website milik kita. Biasanya hal ini bisa kita dapatkan karena mudahnya url website kita di ingat oleh pengunjung atau orang tersebut adalah pelanggan setia. Contoh simple nya adalah orang yang mengetikkan alamat www.facebook.com , www.twitter.com dan lain sebagainya. Jika kita memiliki sumber kunjungan lebih besar dari jenis dirrec traffic ini bisa menandakan bahwa :


  1. Website tersebut memiliki banyak pelanggan atau pengunjung setia
  2. Url website ( domain ) yang mudah sekali di ingat ( Branding )
  3. Menunjukkan tingkat keberhasilan kita dalam hal promosi non online, offline marketing


2.Search Engine Traffic

Organic search ini adalah sumber trafik yang akan kita dapatkan bila pengunjung mengklik url website kita didalam Search Engine Result Page yang disingkat SERP. Untuk jenis organic search sendiri juga dibedakan menjadi dua jenis yakni :

Organic Search : yang bisa kita dapatkan dari mesin pencarian tanpa harus membayar, biasanya website dengan konten yang berada didalam urutan pejwan yang lebih sering mendapatkan trafik jenis ini. Hal ini menandakan bahwa konten atau materi yang ada didalam website tersebut sangat bermanfaat dan juga mungkin karena penerapan SEO yang tepat.

Paid Search : yang bisa kita peroleh dengan cara beriklan seperti salah satunya dengan memanfaatkan Google Adwords yang nantinya akan ditampilkan pada urutan pertama SERP dan juga pada side bar kanan dari SERP.

Jika website kalian memiliki jumlah trafik yang lebih banyak dari sumber search engine ini menandakan bahwa situs kalian memiliki reputasi yang bagus, bermanfaat ataupun penerapan SEO yang sangat bagus.

3.Refferal Traffic

Refferal atau website rujukan, kita akan mendapatkan trafik website jenis ini dari situs lain yang merujuk atau memberi rujukan kedalam website milik kita. Sebagai contoh misalnya kita menshare konten artikel melalui facebook ataupun twitter, kemudian ada teman kita yang mengklik tautan facebook tersebut kedalam website kita, maka kita mendapatkan refferal traffic dari facebook ataupun twitter. Secara umum seluruh jejaring sosial seperti facebook, twitter,blogger,wordpress ataupun situs lain dianggap sebagai refferal traffic.

Jika kalian memiliki sumber trafik lebih banyak dari jenis ini menandakan beberapa hal berikut:


  1. Karena berasal dari website atau situs lain ( backlink ) menandakan akan reputasi website kita dimata website lain.
  2. Konten atau isi materi dari website tersebut sangat bermanfaat, karena secara alami jika konten kita sangat bermanfaat tentu akan banyak para pengunjung / pembaca yang menshare dan menshare ulang baik melalui sosial media maupun website milik mereka.

4.Display banner

Sumber trafik dari jenis ini akan kita dapatkan HANYA jika kita memasang banner blog milik kita didalam website lain.


Lalu bagaimana caranya agar kita dapat mengetahui sumber lalu lintas trafik yang menuju blog kita ?

Kita bisa memanfaatkan tools standar milik google yakni google analitycs maupun tool pihak ketiga semacam histats. Dari keduanya memiliki kelebihan masing masing namun yang paling powerfull antara keduanya adalah google analitycs, karena selain bisa memantau darimana sumber trafik blog berasal, kita juga bisa menganalisa tingkah laku para pengguna melalui tool ini.

Setiap website tentu memiliki yang namanya kompetitor, dan dari kedua tool yang saya sebutkan diatas hanya bisa menganalisa sumber trafik yang menuju kedalam blog milik kita sendiri dan tidak bisa digunakan untuk menganalisa sumber trafik blog para kompetitor.

Bila kalian tetap ngeyel ingin mengintip darimana sumber trafik situs kompetitor berasal, silahkan gunakan SimiliarWeb. Namun perlu anda ketahui, data yang akan kita dapatkan dari SimiliarWeb bukanlah data yang akurat, melainkan hanya data estimasi sebab di SimiliarWeb ini tidak menggunakan kode pelacakan seperti halnya Gogle Analitycs maupun Histats

Baca juga : Inilah perbedaan email marketing dan spam yang harus kamu ketahui

Sebenarnya ada banyak sumber trafik lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu seperti trafik dari email dan lain sebagainya. Beberapa yang telah saya sebutkan diatas mungkin sudah lebih dari cukup yang dapat kalian gunakan untuk menganalisa sebuah situs.


Ketahui Darimana Traffic Pengunjung Website Anda Berasal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AdsNewbie

0 komentar:

Poskan Komentar