7/30/2016

Tips Hemat Ketika Anda Sedang Menganggur

Fandiguritno.blogspot.com - memang ketika anda lulus dari sekolah / kulyah dan saat ini sedang mencari peruntungan untuk melamar pekerjaan, bisa dikatakan bahwa ini adalah saat saat yang sulit bagi kalian karena fase yang anda alami seperti diatas bisa dikatakan anda sedang menjalani sebagai seorang pengangguran. Tentu saja sebagai seorang pengangguran, anda tidak akan memiliki pemasukan ( entah kalau anda masih dibantu oleh orang tua ). Bahkan fase pengangguran tidak hanya dialami oleh lulusan baru atau fresh graduate saja melainkan juga bagi kalian yang saat ini nekat ntuk memilih resign dari pekerjaan lama entah itu kurang cocok dengan dunia kerjanya atau memang anda sedang ada masalah dilingkungan tersebut yang membuat anda lebih baik harus mengundurkan diri.

Menjadi seorang pengangguran memang tahapan yang sangat sangat berat sekali untuk dijalankan walaupun anda sudah mendapatkan pekerjaan serabutan dengan upah seadanya. menjadi tenaga serabutan berarti anda tidak memiliki suatu penghasilan yang pasti sehingga mau tidak mau kita harus menekan biaya pengeluaran seminimal mungkin dalam menghadapi situasi yang seperti ini. Nah dibawah ini adalah beberapa tips yang telah kami rangkumkan yang bisa kalian jadikan solusi sebagai sarana menekan biaya pengeluaran seminimal mungkin, apa sajakah itu ? silahkan disimak dibawah ini.

homelles man
pastikan anda meminta pekerjaan bukan meminta uang ( ngemis )



Memasak sendiri

Walaupun anda seorang perjaka ting ting jangan pernah malu untuk memasak sendiri guna menghemat pengeluaran bulanan. Pasalnya dengan kita memasak sendiri akan jauh lebih hemat bila dibandingkan kita membeli makanan setiap harinya di warung makan. Perbandingan antara memasak sendiri dengan membeli diwarung bahkan bisa mencapai 1 : 2. Untuk bahan kebutuhan pokok sebaiknya kalian membeli dalam jumlah banyak, jangan membeli yang eceran sebab membeli dalam jumlah banyak biasanya lebih murah dan dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan membeli secara eceran.

Baca juga : Indahnya pulau wisata miyajima di jepang

Makan nebeng teman

Tips hemat yang kedua adalah jangan pernah sungkan untuk makan dari hasil nebeng teman baik. Biasanya teman yang baik akan selalu mentraktir anda apapun itu karena mengerti dengan keadaan yang sedang anda alami. Nah begitupun dengan anda, jangan pernah merasa rendah diri hanya karena dibelikan makan oleh teman, kalau bisa sekalian anda meluncurkan modus modus yang sangat melas agar si teman ini merasa iba dan setiap saat selalu ada untuk masalah makan anda :). Tentunya kalian juga jangan sampai lupa jika nanti telah mendapatkan pekerjaan dengan si teman baik ini. Balaslah kebaikan mereka dengan cara yang sama, itung itung balikin modal. Dan sukur sukur jika anda adalah orang yang pandai bergaul dan memiliki banyak sekali teman sehingga kalian bisa nebeng sana sini untuk urusan makan :).

Hentikan kebiasaan buruk

Orang yang sedang menganggur dan tidak kunjung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, bisanya pikiran mereka akan kacau bin galau dan pelampiasan umum yang mereka lakukan adalah cankgruk dan merokok guna menghilangkan kejenuhan. Apa iya dengan merokok tersebut rasa jenuh anda akan hilang ? sepertinya itu hanyalah sugesti semata karena selama ini penulis pun tidak pernah sama sekali pun merokok loh. Nah sebaiknya sebisa mungkin hentikanlah kebiasaan ini selama anda menjadi pengangguran karena dengan merokok hanya akan menambah beban biaya pengeluaran yang harusnya anda hemat semakin membengkak. Merokok selain hanya membuang buang uang tentunya juga tidak baik bagi kesehatan anda dan lingkungan bukan ? Sudah jadi pengangguran, perokok lagi, kelar idup loe.

Perencanaan pengeluaran yang realistis

ketika menjadi seorang pengangguran, tentu membuat perencanaan keuangan adalah wajib hukumnya bagi anda, sebab tanpa perencanaan yang matang disaat krisis hanya akan menghancurkan kondisi keuangan saja. Dan pastikan kalian membuat perencanaan pengeluaran ini serealistis mungkin, fokuskan pembelian kebutuhan pokok untuk makan sehari hari serta biaya transportasi daripada pembelian kebutuhan lain seperti membeli barang barang yang tidak begitu berguna.


Menegosiasikan harga kost

Dikota besar seperti jakarta dan surabaya memang untuk menyewa sebuah kamar kost sangatlah mahal, dan akan terasa lebih mahal lagi jika kondisi kalian sebagai seorang pengangguran. Oleh sebab itu bagi kalian yang menganggur dan memiliki tanggungan uang sewa kost, sebaiknya bicarakan kepada pemilik kost kost an mengenai harga sewa atau cara pembayarannya. Dengan negosiasi yang baik, tentu mereka akan luluh dan mengiyakan membantu anda untuk masalah tempat tinggal. Sukur sukur anda mau bantu bantu pada pemilik kost sebagai rasa balas budi telah diberikan kemudahan tempat tinggal.

Jangan malu untuk menerima bantuan uang

Seringkali harga diri kita seolah olah jatuh terinjak injak ketika ada seorang teman yang memberikan secercah cahaya harapan kepada kita berupa bantuan langsung tunai alias memberikan sejumlah uang untuk biaya hidup kita selagi menganggur. Teman baik biasanya akan mengerti akan hal ini dan akan membantu sebisa mereka seperti salah satunya ya memberikan sedikit uang mereka kepada anda walaupun sebenarnya mereka juga membutuhkan. Jangan malu dan jangan menolak pemberian seperti itu karena selain menguntungkan dan membantu kita dalam mengatasi masalah finansial pada fase menganggur, menolak pemberiannya sedikit banyak juga akan melukai hati mereka. Sudah susah payah berusaha membantu malah kita tolak, ingat kebaikan tidak akan datang dua kali loh.

Selalu sabar dan terus berusaha

Selama anda belum mendapatkan pekerjaan yang menurut anda layak dijadikan pekerjaan tetap, bersikaplah sabar dalam menghadapi situasi sulit seperti ini dan teruslah berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang kalian idam idamkan, jangan hanya menghayal saja. Memang mengelola keuangan atau finansial pada fase menganggur ini amatlah berat sekali karena memang penulis juga pernah menghadapi fase seperti diatas kurang lebih selama 5 bulan ( bayangkan ). Percayalah bahwa usaha yang telah kalian upayakan dalam mencari sebuah pekerjaan akan membuahkan hasil dikemudian hari.

Baca : Cara atasi tanah atau lahan yang diserobot orang lain


2 komentar: