Jumat, 20 November 2015

Apa Itu AQ Pengertian AQ Yang Harus Kamu Ketahui

AQ ini pada awalnya dipopulerkan oleh Paul G. Stolz , seorang doktor di bidang organizational communition development and leadership dari universitas ternama di amerika. Dan Ia mengatakan telah mempelajari kecerdasan adversitas ini kurang lebih selama hampir 20 tahun lamanya.

Selain IQ, SQ, EQ,CQ kita mengenal juga yang namanya AQ atau Adversity Quotient yang bila diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti kecerdasan adversitas. Yaitu suatu pengukuran sejauh mana orang / seseorang tersebut mampu memberikan respon terhadap kejadian, perubahan, atau tantangan ( adversity ) yang diterimanya.

climber via https://wallpaperscraft.com


AQ dapat juga diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menghadapi suatu permasalahan. Sebagian orang lebih memilih bertahan pada masalah yang sedang dihadapinya hingga menemukan jalan keluar untuk memecahkannya, dan sebagian orang lagi lebih memilih untuk menyerah dan takhluk pada masalah yang dihadapinya ( nerima ).

Type orang berdasarkan AQ

Seperti yang telah kita tahu bahwa setiap orang baik saya maupun anda memiliki respon yang berbeda dalam menghadapi suatu masalah atau kejadian. Dan hal ini pula lah yang nantinya akan membedakan kualitas seseorang. Dan pada akhirnya respon respon yang berbeda ini kemudian diberi sebuah penilaian yang kemudian dikategorikan kedalam 3 type oleh Paul G. Stolz, dan ketiga type ini dianalogikan mirip dengan seseorang yang sedang mendaki gunung.

1.TYPE QUITTER

Tipe quitter ini diberikan untuk mereka yang memiliki nilai AQ paling rendah, dan orang orang dalam kategori ini cenderung mudah menyerah dan mudah tertekan bila menghadapi suatu kejadian yag sulit. Mereka mereka ini kurang memiliki kemampuan dalam hal menerima sebuah tantangan, baik didalam hidupnya ( maupun didalam lingkungan kerja ). Dan pada akhirnya, hal ini secara tidak langsung bisa menutup seluruh peluang yang ada untuk bisa lebih maju dan sukses.

2.TYPE CAMPER

Type yang kedua ini adalah type yang paling banyak dimiliki oleh sebagian besar orang ( mungkin juga termasuk saya didalamnya ). Mereka yang masuk kedalam kategori camper ini adalah sekelompok orang yang tidak menyerah dalam menghadapi tantangan dan masalah, bahkan mereka tertantang untuk berusaha menyelesaikannya. Namun ketika sudah sampai setengah jalan, mereka akan berfikir bahwa mungkin memang sudah cukup sampai disini saja. Bisa di ibaratkan seseorang yang sedang mendaki sebuah lereng gunung hingga menemukan dataran yang landai, kemudian mereka menghentikan perjalanan dan memilih mendirikan kemah disana sebelum mencapai puncak.

3.TYPE CLIMBER

Type ketiga ini adalah sekelompok orang yang memiliki nilai AQ tertinggi. Orang dengan type ini dapat menghadapi semua tantangan yang dihadapinya dengan sangat baik. Berbeda dengan type camper diatas yang memilih berhenti ditengah jalan. Orang dengan AQ type climber ini, mereka tidak ingin hanya berhenti pada satu titik saja. Sebaliknya mereka akan memilih untuk terus berjuang mendaki dan mendaki hingga kepuncak. Orang dengan type climber ini adalah orang yang memiliki cara berfikir positif dan pada umumnya mampu menggali potensi pada dirinya sendiri yang masih tersembunyi. Dan mereka ini menganggap bahwa tantangan itu adalah sesuatu yang harus disambut bukan malah dihindari.

Dan pada akhirnya semakin tinggi nilai AQ seseorang akan mempengaruhi tingginya tingkat produktivitas, dan orang model ini akan lebih resilient atau ulet dan juga lebih gigih dibandingkan dengan nilai yang AQ-nya tidak begitu tinggi.

Baca juga : Humor ringan, tragedi ketika sholat jumat

Nah, kalian disini termasuk orang orang yang memiliki AQ type mana ? Semoga artikel yang sedikit serius dan menegangkan ini dapat memberikan manfaat baik bagi saya pribadi maupun pembaca.


Apa Itu AQ Pengertian AQ Yang Harus Kamu Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: AdsNewbie

0 komentar:

Poskan Komentar