11/25/2015

Gejala Kanker hati Yang Perlu Diwaspadai

Menyambung artikel sebelumnya mengenai penyakit kanker hati, memang penyakit yang satu ini memiliki gejala yang kurang begitu spesifik. Sehingga banyak sekali masyarakat awam kurang peduli dan bahkan tidak sadar terhadap gejala penyakit kanker hati yang mungkin sedang menyerang mereka saat ini.

Karena hal ini pula lah yang membuat para penderitanya gagal mendeteksi secara dini dan mengetahui bahwa dirinya sedang mengidap kanker hati. Kebanyakan dari mereka ini kemudian datang ke rumah sakit dengan kondisi yang tentunya sudah sangat buruk seperti warna mata yang menguning, dan merasakan nyeri sangat hebat pada bagian perut.

gejala sakit hati


Jika sudah memasuki kondisi yang seperti ini tindakan apapun yang kita lalukan hanya akan sia sia saja. Oleh sebab itu bagi pembaca yang saat ini begitu kurang peduli dengan kesehatannya yang bahkan tidak pernah sekalipun datang ke rumah sakit untuk memeriksakan diri, sebaiknya mulai sekarang rajinlah melakukan cek kesehatan.

Dan adapun beberapa gejala penyakit kanker hati yang perlu untuk diwaspadai diantaranya adalah sebagai berikut :

1.Rasa capek atau lelah.
Rasa capek dan lelah biasanya di ikuti dengan menurunan fungsi hati. Seseorang harus sudah mulai waspada jika mengalami rasa lelah yang berkelanjutan.

2.Mual dan muntah.
Banyak orang yang mengidentikkan mual dan muntah ini sebagai gejala masuk angin biasa. Padahal mual dan muntah tanpa penyebab yang jelas bisa merupakan tanda tanda adanya gangguan pada fungsi hati.

3.Berat badan menurun drastis.
Penurunan berat badan yang sangat drastis ini juga perlu untuk diwaspadai sebab zat zat makanan yang telah dikonsumsi oleh si penderita kanker ini diserap oleh sel sel kanker didalam tubuh mereka.

4.Sakit perut.
Pembengkakan hati dan pembesaran hati dapat menyebabkan sakit perut. Dan hal ini muncul setelah kanker membesar sehingga tidak bisa dijadikan patokan di stadium awal.

5.Mata berwarna kuning serta urine berwarna gelap.
Salah satu penanda bahwa hati mengalami masalah adalah berubahnya warna putih mata menjadi kuning, bahkan warna kulit pun juga akan sedikit lebih menguning cerah serta kusam. Kenapa bisa warna mata dan kulit menjadi kuning? Hal ini karena akibat produksi bilirubin oleh meningkat dan menyebabkan warna mata dan kukit menjadi menguning.

6.Adanya cairan yang mengumpul didalam perut.
Ini menandakan bahwa adanya kegagalan fungsi hati tahap lanjut. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya segera dilakukan faksinasi atau skrining Hepatitis B. Atau bisa juga dengan ceck up fungsi hati lain dan virus melalui tes darah.

Nah sudah saatnya kita sebagai masyarakat awam harus peduli dengan penyakit yang satu ini, terlebih bagi mereka yang memiliki resiko tinggi mengidap penyakit hati. Karena dengan semakin dini diketahui maka semakin besar pula tindakan yang bisa diberikan guna meningkatkan kualitas hidup para pasien kanker hati.


Ingatlah, mencegah itu lebih baik dan penting daripada mengobati. Yuk periksa :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar