11/21/2015

Inilah Beberapa Cara Mengumpulkan Email Subscriber

Dalam dunia internet marketing kita mengenal dengan istilah email marketing yang tentu saja membutuhkan daftar alamat email yang akan kita jadikan target market kedepannya.

Dan dalam mengumpulkan alamat email yang kita inginkan tersebut bisa ditempuh dengan berbagai cara, mulai dari cara yang benar mengumpulkan email maupun cara yang kurang disarankan didalam prakteknya.

Adapun cara yang bisa kalian lakukan untuk mengumpulkan alamat email ialah sebagai berikut.

email subscriber


Melalui form subscriber

Cara paling standard untuk menangkap alamat email dari pengguna adalah dengan menggunakan widget form subscriber didalam sebuah website yang nantinya bila pengunjung merasa tertarik dengan artikel yang ada didalam website tersebut biasanya mereka akan secara sukarela menuliskan alamat email didalam subscriber box tersebut dengan harapan agar dapat selalu mendapat kiriman update terbaru dari website tersebut.

Memanfaatkan situs sosial media

Cara sederhana yang bisa kita lakukan dalam mencari para subscriber melalui sosial media adalah dengan menshare artikel website kita disana, yang kemudian para pengunjung yang berasal dari refferal trafik ini datang berkunjung akan kita tangkap email mereka dengan menggunakan cara point diatas yakni subscriber box.

Atau bisa juga kita mengunggah tulisan berupa cerpen, puisi atau tulisan pendek lainnya dan menanyakan apakah mereka menginginkan update via email, bila iya anda bisa meminta mereka untuk menuliskan alamat email mereka baik melalui inbox maupun melalui kolom komentar yang ada didalam sosial media tersebut.

Memanfaatkan pembeli toko online kita

Banyak sekali tehnik seperti yang digunakan oleh beberapa toko online seperti bukapalak ataupun lazada. Setiap para calon buyer ingin membeli sesuatu di online shop seperti ini para pengguna diharuskan mengisikan alamat email mereka. Dan dari sinilah mereka dapat menjaring seluruh alamat email yang akan digunakan sebagai target market selanjutnya.

Memanfaatkan acara offline

Siapa bilang mencari daftar alamat email harus menggunakan media online, kalian bisa juga memanfaatkan media offline guna memperoleh daftar alamat emai, misalnya kalian sedang diundang sebagai tamu pembicara didalam sebuah acara seminar, kalian bisa menganjurkan para audiens menuliskan alamat email mereka juga didalam buku daftar tamu.
Bisa juga kalian menanyakan dan meminta alamat email secara offline dengan bertanya langsung baik kepada teman, sahabat, relasi bahkan kalau perlu sanak saudara.

Menggunakan tehnik tertentu
Tehnik tertentu disini adalah tehnik tehnik yang banyak diajarkan oleh para pengguna internet tentang bagaimana cara mendapatkan daftar alamat email aktif secara cepat, bahkan dalam hitungan menit kitapun mendapatkan ratusan bahkan ribuan alamat email yang bisa kita jadikan target market. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan search engine google.com kemudian mengetikkan tulisan berikut :

intitle:"surabaya" @gmail.com @yahoo.com

Untuk metode lain mengenai cara cepat mendapatkan alamat email di internet silahkan dipelajari sendiri melalui internet.

Atau dapat juga menggunakan aplikasi seperti email extractor dan lain sebagainya, namun cara cara model ini sebaiknya dihindari agar email kalian nantinya tidak menjadi email spam.

Catatan
Sebaik mungkin kita menanyakan izin kepada para pemilik email atau memberikan konfirmasi kepada para pemilik ( calon subscriber ) bahwa mereka akan menerima email dari kita. Jangan lupa juga untuk memberitahukan model dan bentuk email yang akan mereka terima nanti seperti apa.


Apa yang harus dilakukan setelah memiliki banyak daftar alamat email ?

Ya tentu saja kita manfaatkan dengan sebaik mungkin guna mempromosikan baik dagangan ataupun website milik kita. Kirimkan email secara rutin dan teratur misalkan saja setiap satu minggu sekali karena kalau setiap hari itu namanya nyepam. Dan jangan lupa juga untuk isi dari email tersebut relevan dengan apa yang kalian janjikan.

Dan karena email ini sifatnya sangatlah pribadi, sebisa mungkin anda juga harus mengirimkan email dengan isi yang dapat membangun kedekatan pribadi sebagai layaknya kalian mengirimkan email kepada teman atau sahabat, paling tidak adalah dengan manyapa NAMA emilik email tersebut misalnya

Hi, pak fandi guritno
dibawah ini adalah beberapa artikel terbaru dan terbaik dari kami, semoga bermanfaat.
isi konten artikel 1
isi konten artikel 2
isi konten artikel 3

dan seterusnya
Belum mengetahui apa itu email marketing? silahkan baca artikel sebelumnya Arti dari email marketing

Bila kalian adalah termasuk pengelola toko online, sebisa mungkin takar porsi kiriman artikel anda kepada subscriber, antara konten artikel dengan penawaran produk. Sebaiknya menggunakan takaran 75% : 25% agar berkesan berjualan tapi tidak terlihat berjualan ( tidak terkesan ngoyo ).
Itulah tadi beberapa cara yang bisa kita lalukan untuk memperoleh alamat email yang juga biasa saya terapkan. Semoga bermanfaat dan salam sukses bisnis online.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar