11/21/2015

Mengenal Apa Itu Email Marketing

Sesuai dengan namanya arti dari email marketing adalah suatu cara melakukan promosi atau penawaran dengan menggunakan email sebagai media pemasarannya. Untuk melakukan hal ini kalian harus memiliki daftar alamat email sebanyak banyaknya yang nantinya akan kita gunakan sebagai target market, cara mendapatkannya bisa dengan mengumpulkan satu persatu dari para subscriber blog, bisa mencari sendiri melalui internet mengunakan tehnik tertentu, ataupun membeli list mail kepada seseorang yang memang menyediakan jasa menjual daftar alamat email.

Dari kesemua cara mendapatkan alamat email diatas yang paling baik dan juga sopan adalah yang berasal dari mereka yang dengan suka rela memberikan alamat emailnya kepada kita, dengan harapan mereka memang menginginkan email dari kita seperti update artikel terbaru ataupun menawaran promo yang menarik dari kita ( subscriber ). Karena jika kita memaksakan membroadcast email marketing kita kepada mereka yang bukan secara sukarela mensubscribe emailnya ke kita, tentu saja membuat email itu menjadi spam email bukan marketing email.

marketing mail


Analoginya adalah seperti halnya jika kita menerima sms dari operator selular yang isinya promo atau diskon yang sangat membosankan dan juga sangat mengganggu,saya yakin kalian semua juga risih dan bosan jika menerima sms penawaran dari operator seluller, demikian halnya dengan email marketing.

Kenapa harus menggunakan email marketing jika sudah ada sosial media yang tentunya lebih ampuh yang bisa digunakan sebagai media pemasaran?

Seperti yang saya dan anda tahu bahwa yang namanya sosial media itu bukanlah sesuatu yang dapat bertahan lama,mulai dari frienster, twitter,facebook hingga path mereka semua memiliki eksistensinya sendiri sendiri dan berbeda dengan email yang dari dahulu hingga sekarang email masih tetap eksis.

Kebanyakan pengguna dari seluruh sosial media ini adalah anak anak yang berusia muda ( walau ada yang sudah tuwir ), yang memiliki kecenderungan mengikuti arus trend, terbaru misalnya kemarin populer dengan yang namanya twitter, mereka beramai ramai menggunakan twitter dan ketika path lahir, mereka kembali berbondong bondong menjajal path dan mulai meninggalkan twitter. Coba bayangkan setelah anda capek capek mengumpulkan folowers yang jumlahnya ratusan ribu di twitter, kita harus menjajal sosial media yang baru dan mengumpulkan lagi folowers yang baru.

Email marketing ini berbeda dengan sosial media atau sosmed, ia adalah salah satu sumber trafik mandiri yang akan mengarah langsung kedalam website kita yang bisa konsisten dan bersifat abadi.

Lalu siapa sajakah yang dapat mnggunakan dan memanfaatkan email marketing ini ?

Siapa saja bisa menggunakan tehnik email marketing ini baik bagi para pelaku usaha offline maupun para pelaku usaha online yang didalamnya meliputi pelaku usaha toko online maupun para blogger yang mengelola media online.

Tujuan menggunakan email marketing ini apa ?

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh dari email marketing ini yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bagi blogger/pemilik media online adalah sebagai sarana membangun kedekatan atau engagement dari kita kepada target market yang ada ( subscriber ) dengan mengirimkan artikel terbaru secara rutin dan berkala.
  2. Bagi pelaku bisnis online adalah sebagai sarana meningkatkan loyalitas para pembeli serta media promosi dari produk yang dijual sehingga mendatangkan repeat order.
  3. Perusahaan/instansi adalah sebagai sarana memberitahukan informasi mengenai status ataupun berita terbaru dari perusahaan tersebut, misalkan saja informasi terbaru dari jenis iklan adsense yang bisa kalian maksimalkan penggunaannya.

Baca juga : Pengertian adversity quotient dan dimensi penilaian adversity quotient

Nah, mungkin cukup sampai disini dahulu pengenalan mengenai apa itu yang dimaksud dengan email marketing karena saya yakin para pembaca sudah memahami tulisan tulisan diatas . Karena keterbatasan ilmu yang saya miliki, dan bila ada yang ingin menambahkan silahkan berikan coretan terbaik anda didalam kolom komentar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar